Bung Karno Bukan Proklamator Paksaan

Sang founding father, Rumah Juang Demokrasi - Sukarno dilahirkan di Lawang Seketeng, Surabaya. Ibundanya bernama Ida Ayu Nyoman Rai, seorang penganut Hindu. Koesno, panggilan Sukarno semasa kecil, selalu mendapat cerita-cerita bijak dan kepahlawanan dari sang bunda. Nilai-nilai kepemimpinan ditanamkan sejak dini dan tak hentinya, ibunya memotivasi Sukarno bahwa dirinya kelak menjadi pemimpin sehingga ia menyebut putra semata wayangnya dengan sebutan Putra Sang Fajar. Sukarno adalah anak lelaki satu-satunya. Ia merupakan anak bungsu. Kakak kandungnya bernama Soekarmini.
Foto: Akun Instagram Sabda Perubahan

Sukarno lahir tepat saat Gunung Kelud meletus. Sang Ayah bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, keturunan Sultan Kediri, adalah seorang guru yang tertarik akan dunia filsafat dan gemar menonton wayang kulit. Perkenalan akan ilmu filsafat dan kisah pewayangan yang diturunkan dari sang ayah tersebut, memengaruhi pertumbuhan jiwa Sukarno.


Sejak remaja, Sukarno tenggelam dalam dunia buku. Ia mendapatkan akses untuk membaca di perpustakaan kemungkinan besar dari sang ayah. Saat melanjutkan studi ke HBS (Hoogers Burger School) di Surabaya, Sukarno dititipkan ayahnya ke H.O.S. Tjokroaminoto. Di rumah Tjokroaminoto yang merupakan tempat kos Sukarno di di Jalan Peneleh itulah, Sukarno berjumpa dengan tokoh-tokoh nasional dan mendapatkan ideologi Sosialisme dan Islam dari sang guru, yakni Tjokroaminoto.

Sukarno tumbuh dari akar budaya Jawa yang kuat dan lingkungan yang mendukung kemajemukan, baik keberagaman suku, paham, pikiran, dan agama. Dari pergaulan yang lintas batas itulah, ia membangun fondasi Indonesia dengan asas Pancasila. Dan, bersama dengan kawan-kawan seperjuangan yang memiliki visi kebangsaan yang sama, yakni mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, dan berdaulat, seperti Mohammad Hatta, ia memerdekakan bangsa ini dari penjajah.
Previous
Next Post »

Terima kasih atas kunjugan dan komentar pada kiriman ini. ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment