Sidang Dokuritsu Junbi Cosakai | Lahirnya Pancasila

Ideologi Negara, Sabda Perubahan - Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato itu pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan Lahirnya Pancasila oleh mantan Ketua BPUPK Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK tersebut. Sejak tahun 2017, hari tersebut resmi menjadi hari libur nasional. (Baca: Masa Orde Baru, Pancasila Digunakan Sebagai Mesin Ideologi Penguasa. Apakah Saat Ini Seperti Demikian ?)

Pidato Presiden Soekarno;
"Bahwa Pancasila Itu Adalah Benar-Benar Satu Dasar Yang Dinamis, Satu Dasar Yang Benar-Benar Dapat Menghimpun Segenap Tenaga Rakyat Indonesia, Satu Dasar Yang Benar-Benar Dapat Mempersatukan Rakyat Indonesia Untuk Bukan Hanya Mencetuskan Revolusi, Tapi Juga Mengakhiri Revolusi Dengan Hasil Yang Baik".
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Unknown
admin
7/14/2017 ×

Ideologi Pancasil, GOOD.

Reply
avatar
7/15/2017 ×

Pancasila adalah sebuah mahakarya yang amat dahsyat, yg mampu menghimpun seluruh penduduk indonesia bersatu.

Reply
avatar
Unknown
admin
7/24/2017 ×

Sepakat Agan...
NKRI Harga Mati..
PANCASILA Ideologi Negeri Ini

Reply
avatar

Terima kasih atas kunjugan dan komentar pada kiriman ini. ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment