Masa Orde Baru, Pancasila Digunakan Sebagai Mesin Ideologi Penguasa. Apakah Saat Ini Seperti Demikian ?

Ideologi negara Indonesia adalah Pancasila, Sabda Perubahan - Tawaran ideologi negara dari Sukarno tersebut pada waktu itu mendapat pertentangan dari golongan Islam. Dengan gaya argumentasinya yang khas, ia berujar, “Apakah kita hendak mendirikan Indonesia Merdeka untuk sesuatu orang, untuk semua golongan? Sudah tentu tidak? Kita mendirikan suatu negara buat semua”.
Foto: Akun Instagram Sabda Perubahan

Menurutnya, negara Islam hanyalah rumusan ulama dan intelektual Islam belaka, tanpa dasar tegas dari sumber ajaran Islam. Oleh sebab itu, tidak ada keharusan negara Islam, yang dituntut dari umat Islam adalah yang diterapkan etika Islam dalam negara yang didirikan.

Sang Proklamator menawarkan alternatif fondasi negara yang mampu menampung aspirasi masyarakat Indonesia yang majemuk. Meski melewati proses tarik ulur, alhasil dasar negara Pancasila disepakati oleh perwakilan golongan yang duduk di BPUPKI.

Menilik perjalanan sejarah bangsa ini, Pancasila sudah menjadi nilai yang diperjuangkan segenap elemen bangsa ini. Para founding father dan pejuang kemerdekaan sudah memberikan teladan bagaimana upaya mereka dalam mewujudkan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila.

Baca: Bung Karno Bukan Proklamator Paksaan

Sebaiknya kita bercermin pada masa Orde Baru, Pancasila digunakan sebagai mesin ideologi penguasa. Ingat, pada masa itu, anak-anak bangsa ini dihabisi karena dituding anti-Pancasila.


Dengan mencerna kembali pemikiran-pemikiran Sukarno perihal Pancasila, tugas kita sebagai generasi penerus adalah mewujudkan, mengkaji, dan memengkontekstualisasikan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan gerak zaman dan dinamika bangsa yang majemuk ini.

Pertanyaan dasar, Apakah masa saat ini (Presiden Jokowi) sedemikian rupa untuk memanfaatkan Pancasila?

Silakan komentar di kolom bawah ini, dengan baik alangkah lebih baiknya oto-kritik.
Previous
Next Post »

Terima kasih atas kunjugan dan komentar pada kiriman ini. ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment