Surat Kartini Kepada Temannya Yang Berada Di Belanda

Sabda Perubahan - Surat-surat Kartini ini adalah terjemahan dari buku “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang merupakan kumpulan surat R.A Kartini kepada teman-temannya terutama orang-orang Belanda. Kumpulan surat itu pertama kali diterbitkan oleh Mr. J.H Abendanon pada tahun 1911.
Foto: Akun Instagram Sabda Perubahan

Saya berpikir, siapapun yang membaca surat-surat Kartini akan tercengang, menyadari bahwa pada tahun 1899 ada seorang gadis Jawa yang sedang dipingit dan dibesarkan dalam sistem feodalisme tapi Kartini memiliki pemikiran dan keberanian yang luar biasa. Dia berani menentang sistem, dia bahkan berani melawan ketakutannya sendiri. Kematangan pikirannya luar biasa.


Kartini meninggal dengan bahagia seperti yang sebelumnya telah ditulisnya kepada Nyonya Abendanon : “Walaupun saya tidak beruntung sampai kepada ujung jalan itu, walaupun saya akan patah di tengah jalan, saya akan mati dengan bahagia. Jalan sudah terbuka, dan saya telah turut merintis jalan yang menuju ke kebebasan dan kemerdekaan perempuan Bumiputera”.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
8/08/2017 ×

Bagus.
Tapi kurang banyak karakter tulisannya

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terima kasih atas kunjugan dan komentar pada kiriman ini. ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment