Kaum Laki-laki, Marilah Kita Ikut Memikirkan Soal Perempuan

Sabda Perubahan - Dia, kaum laki-laki, dialah kadang-kadang merasa dirinya memikirkan dan memecahkan soal-soal semacam ini, dialah kadang-kadang merasa dirinya cukup bijaksana untuk mengambil keputusan,- sedang kaum perempuan tidak diajak ikut bicara, dan disuruh terima saja apa yang diputuskan oleh kaum laki-laki itu.
Foto: Akun Instagram Sabda Perubahan

Tidaklah misalnya janggal, bahwa soal tabir di dalam rapat, yang dulu saya persembahkan ke dalam pertimbangan para pemimpin, diputuskan oleh satu majelis laki-laki saja, sedang pihak perempuan tidak ditanya pendapatnya sama sekali?.

Sesungguhnya, kita harus belajar insaf, bahwa soal masyarakat dan negara adalah soal laki-laki dan perempuan, soal perempuan dan laki-laki. Dan soal perempuan adalah satu soal masyarakat dan negara.

Nanti, jikalau pembaca telah membaca uraian saya lebih lanjut, maka pembaca akan mengerti, bahwa soal perempuan bukanlah soal buat kaum perempuan saja, tetapi soal masyarakat, soal perempuan dan laki-laki. Dan sungguh, satu soal masyarakat dan negara yang amat penting!.
Dan oleh karena soal perempuan adalah soal masyarakat, maka soal perempuan adalah sama tuanya dengan masyarakat; soal perempuan adalah sama tuanya dengan kemanusiaan. Atau lebih tegas: soal laki-laki perempuan adalah sama tuanya dengan kemanusiaan.

Kemanusiaan akan terus pincang, selama sap yang satu menindas sap yang lain. Harmoni hanyalah dapat tercapai, kalau tidak ada sap satu diatas sap yang lain, tetapi dua "sap" itu sama derajat,--belajar-- yang satu di sebelah yang lain, yang satu memperkuat kedudukan yang lain.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
7/31/2017 ×

sebuah quote yg inspiratif dari Bung Karno yg mengatakan perempuan ialah tiang negara

Congrats bro Rianda Prayoga you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Terima kasih atas kunjugan dan komentar pada kiriman ini. ConversionConversion EmoticonEmoticon Off Topic

Thanks for your comment