Ki Hadjar Dewantara: Katakanlah Bahwa Aku Hanyalah Orang Indonesia Biasa


Merawat Khazanah Pemikiran, Rumah Juang Demokrasi - Seorang yang telah berhasil meletakkan dasar pendidikan nasional Indonesia. Dengan segala keterbatasan, ia mendirikan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau lebih dikenal dengan Perguruan Nasional Tamansiswa pada 3 Juli 1922, sebuah perguruan yang bercorak nasional. Mengkritik penjajahan dan mencerdaskan masyarakat dengan jalur pendidikan.

Foto: Akun Instagram Sabda Perubahan
Ia mencoba memadukan model pendidikan barat dengan budaya-budaya negeri sendiri. Selepas kemerdekaan Bangsa Indonesia 1945, Ki Hadjar Dewantara kemudian diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri pengajaran Indonesia yang kini dikenal dengan nama Menteri Pendidikan.
“Kalau suatu ketika ada orang meminta pendapatmu, apakah Ki Hadjar itu seorang nasionalis, radikalis, sosialis, demokratis, humanis, ataukah tradisionalis, maka katakanlah bahwa aku hanyalah orang Indonesia biasa saja yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia”. Ki Hadjar Dewantara Sumber Akun Instagram @sabdaperubahan.


Siapa yang tak mengenal beliau, dari pemikirannya sudah menumbuhkan bibit-bibit generasi bangsa yang masih peduli kepada negaranya dan menghimbau dengan memakai cara atau tindakan sesuai dengan kearifan lokal.
Previous
Next Post »